- Muhammad Ibnu Idris
-
Sabtu, 11 Januari 2014 -
0 Comments
Sebentar lagi Indonesia tercinta ini akan menggelar sebuah event lima tahunan yang sangat besar. Seluruh warga Indonesia yang punya KTP bisa ikutan, dan buat yang anak kecil belum dewasa cukup nonton Doraemon aja di rumah.
Event besar ini diselenggarakan langsung oleh Pemerintah Indonesia yang ditangani oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di seluruh penjuru Ibu Pertiwi. Jangankan buat warga yang ada di kota, bahkan ampe ke pelosok hutan pun mereka dioerintahkan untuk gelar pemilihan umum Presiden setiap lima tahun sekali itu.
Banyaknya partai besar di Indonesia ini nih yang ngebuat banyak kandidat Capres ngebludak. Mulai dari yang gambar beringin, kepala banteng, lambang mersi, bintang kejora, hingga ada yang maju secara independen, entah bener atau nggak ya tapi panggung politik yang digelar lima tahunan ini yang katanya demokratis kok semakin lama ditengok semakin lucu saja.
Coba bayangin aja, lima bulan jelang pilpres, layar TV di kostan gue seakan nggak pernah berhenti ada iklan nggak jelas, menurut gue sih itu iklan sosialisasi sampah. Hampir semua kok berasa bokis abis. Janji-janji palsu selalu diumbar, apalagi masyarakat yang udah kena cepretan duit, aduh berasa kayak sapi dicolok idungnya. Tapi beberapa orang yang gue pernah temuin di Kampoeng halaman sama di beberapa wilayah di ibukota ternyata mereka udah pinter. Pura-pura bakal nyontreng, nerima duitnya dan buat ngepulin dapur mereka tapi saat di balik bilik suara, kata hati mereka lain. Hemmm,,,, kalo ampe 50% dari masyarakat Indonesia seperti itu. Yah ngapain ada pemilu coba, nggak jelas semua dah...
Yang paling lucu dan masih anget diomongin banyak orang tuh bro, soal iklan partai mersi saat jelang Pilpres 2009 yang lalu. Tiga dari seluruh wajah yang nongol di iklan itu yang mengatakan dengan lantangnya "Katakan TIDAK Pada Korupsi", ternyata saat ini mereka sedang berada di balik jeruji tahanan Kasus Tipikor. Sedih. Apalagi kemarin salah satu dari mereka ada yang pernah sesumbar minta digantung di monas, eh siapa sih.... ??? Ah,,, makanya update berita dong.....
Doi pernah sesumbar bro kali ampe 1 rupiah saja doi korupsi, doi minta digantung saja di monas. Tapi tepat kemaren malem pas tanggal 10 Januari ba'da maghrib doi malah resmi jadi tahanan KPK. Menyedihkan sekali pemirsa... Nggak tau dah doi bakal jalanin permintaanya itu atau nggak.
Itu kan partai contoh aja bro, tapi kalo yang lainnya ... ?? Au dah.. Elap...!
Sengaja gue coba coret-coret aja di blog ini dari pada di dinding DPR, males banget keleus...!! Gue pengen ngungkapin kata-kata hati gue tentang tontonan yang menyedihkan itu. 1 menit mereka tayang di frekuensi milik umum dengan sesumbar janji manis, semua yang baik-baik ditonjolin. Tapi kenyataanya bisa jadi 'non-sen'. Hampir di semua janji-janji manisnya itu sama dengan janji-janji para pendahulunya. Klasik sumpah dah nggak pake bohong. Rata-rata sih ya adanya janji tentang pelayanan kesehatan gratis buat wrga yang kurang mampu, program pendidikan gratis, membuka palangan pekerjaan yang lebih banyak biar angka kemiskinan semakin ditekan, harga-harga diturunkan, dan apalah itu nggak tau dah gue. Itu kan emang problem yang selalu ada dan nggak pernah bisa beres ditanganin ama siapapun pemimpin di negeri ini, malah yang paling ngeprihatinin tuh antek-antek di kursi panas parlemen pemerintahan di republik ini malah doyang ngegarong duit kita rakyat Indonesia.
Ya mungkin bisa buat sebuah pasal khusus dah pemerintah Indonesia tuh buat para koruptor, atau bisa contoh negara China yang berani lakuin hukuman tembak mati buat para koruptornya. Ya kalo nggak berani cukup kasih hukuman yang setimpal lah baik jumlah masa kurungan sampe denda maksimal, jangan disamain kaya maling ayam lah.
Jelang pemilu lagi contohnya, membuat wajah beberapa kawasan di Indonesia gue rasa udah nggak layak pandang dah. Banyak sekali iklan-iklan, bendera, baliho, spanduk, atau yang lainnya terpajang bebas secara sembarangan di beberapa titik di setiap wilayah di Indonesia. Baliho segedhe gaban dengan penyangga berbahan bambu diiket-iket membuat suasana visual kota nggak kondusif. Orang-orang yang pamer muka dengan segudang kemunafikan dipampang di hadapan masyarakat seakan kayak lagi nonton ludruk atau dagelan. Kalo emang resmi, seharusnya perusahaan advertising dan pemerintah ngebuatin tempat khusus dong buat ngelayanin advertiser baik produk ataupun kepentingan politik. Nggak nyaman sumpah ngeliatnya.
Salah satunya coba deh lo kalo lagi jalan-jalan di kawasan patung pancoran, di beberapa titik jalan protokol tersebut lo bisa liat kok banyak sekali atribut-atribut iklan yang terpasang secara ngasal. Apa mentang-mentang berani bayar mahal trus natanya acakadut gitu, nggak banget deh kayaknya. Tapi kita lihat saja beberapa bulan ke depan saat udah mepet ama hari-H nya ya.
So, kalo di kawasan tempat tinggal lo sendiri seperti apa potret jelang pemilu Presiden ?
Sebentar lagi, tinggal beberapa bulan saja Indonesia akan memasuki jadwal pagelaran 'yang katanya' pesta demokrasi Indonesia, karena masyarakat diberikan kebebasan memilih sesuai dengan suara hatinya di sebuah tempat bernama Tempat Pemilihan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh titik di Indonesia. Tanggal 14 April 2014 mendatang. Banyak sekali calon presiden yang akan maju dalam kompetisi lima tahunan ini. Tapi siapakah yang akan lo pilih nantinya, itu urusan lo. Ikutin aja sih kata hati lo, tapi tetep kenalin si calon yang bakal lo pilih, jangan bodoh ambil keputusan. Lihat track record mereka selama ini. Itu sih yang paling penting saat ini. Ya itung-itung buat persiapan jelang hari-H aja sih.
Opini
Langganan:
Posting Komentar (Atom)


0 komentar: